Blogger Widgets

BAB 11
CHAPTER 4
INDIVIDU SEBAGAI KONSUMEN


Tipekebutuhan
•Kebutuhanutama
–Kebutuhan Fisiologis yang dianggap sebagai kebutuhan primer (utama)
•Kebutuhansekunder
–Umumnya adalah kebutuhan yang dianggap sebagai kebutuhan sekunder
Tujuan
•Tujuan umum
–Tujuan yang umumnya seorang konsumen mencari sebuah cara untuk memenuhi kebutuh anmerka
–Contoh:“aku ingin mendapat gelar sarjana.”
•Tujuan produk
–Produk umum yang dipilih konsumen sebagai tujuan mereka
–Contoh: “Aku ingin mendapatkan Mobil Mazda.”



Pemilihan tujuan
         Pemilihan tujuan seseorang bergantung :
        Pengalaman pribadi
        Kemampuan keuangan
        Budaya dan norma
        Mendapat Kesempatan untuk memperoleh tujuan dari lingkungan fisik dan social

Motivasi dan Tujuan



Rasional dibandingkan dengan emosional
         Rasionalitas mengartikan bahwa konsumen memilih tujuan berdasarkan penuh dengan kriteria sebuah objek seperti ukuran, berat, harga dan lainya.
         Emotional motif mengartikan bahwa konsumen memilih tujuan menurut tingkah laku pribadinya atau kriteria subjektif
Sifat dinamis dari motivasi
         Selalu tidak puas akan sebuah kebutuhan
         Kebutuhan baru muncul ketika kebutuhan lama terpenuhi
         Orang yang sudah mencapai tujuan akan menetapkan tujuan baru dan menetapkan tujuan lebih tinggi untuk mereka sendiri
Kekecewaan (Frustasi)
Gagal untuk mencapai tujuan dapat menghasilkan kekecewaan. Beberapa dari mereka melindungi ego mereka agar tidak mengalami kekecewaan
Mekanisme pertahanan diri
Sebuah cara yang mendefinisikan mental seseorang terhadap frustasi(kekecewaan) untuk melindungi image mereka dan harga diri mereka
Cara Mekanisme Pertahanan diri
         Agresi
         Rasionalisasi
         Regresi
         Menarik diri
         Proyeksi
         Menyangkal
         Identifikasi
         Represi





Slide 16
Gairah dari Motif
·         gairah fisiologis
·         gairah emosional
·         gairah kognitif
·         gairah lingkungan
Slide 17
Gambar 4.8 Kebutuhan Gairah Kognitif

Slide 18
Filosofi Peduli Dengan Gairah dari Motif
·         Sekolah Behavioris
-        Perilaku adalah respons terhadap stimulus
-        Elemen pikiran sadar yang diabaikan
-        Konsumen tidak bertindak, tapi bereaksi
·         Sekolah kognitif
-        Perilaku diarahkan pada pencapaian tujuan
-        Perlu mempertimbangkan kebutuhan, sikap, keyakinan, dll dalam perilaku konsumen pemahaman.
Slide 19
Gambar 4.9 Maslow Hirarki Kebutuhan


Slide 20
Tabel 4.3 Murray Daftar Kebutuhan psikogenik
Kebutuhan dihubungkan dengan benda mati:
Akuisisi, Conservancy, Order, Retensi, Konstruksi
Kebutuhan Mencerminkan Ambisi, Kekuatan, Prestasi, dan Prestige:
Superioritas, Prestasi, Pengakuan, Pameran, Infavoidance
Kebutuhan Terkoneksi dengan Kekuatan Manusia:
Dominasi, Deferrence, Similance, Otonomi, Contrariance



Slide 21
Tabel 4.3 Murray Daftar Kebutuhan psikogenik
Sado masokis-Kebutuhan:
Agresi, perendahan
Kebutuhan Prihatin dengan Kasih sayang antara orang:
Afiliasi, Penolakan, Pengasahan, Succorance, Bermain
Kebutuhan Prihatin dengan Intercourse Sosial:
Setiap orang mengetahuinya, Pameran

Slide 24
Tiga Kebutuhan
·         Kekuasaan
-        keinginan individu untuk mengontrol lingkungan
·         Afiliasi
-        Butuh persahabatan, penerimaan, dan milik
·         Prestasi
-        butuh prestasi pribadi
-        terkait erat dengan kebutuhan egoistik dan aktualisasi diri
Slide 28
Motivasi Penelitian
Penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengungkap bawah sadar konsumen atau motivasi tersembunyi. Konsumen tidak selalu menyadari, atau mungkin tidak ingin mengakui, alasan dasar yang mendasari tindakan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

animasi bergerak gif

About this blog

Hanya blog iseng buatan mahasiswa Gunadarma untuk kelancaran perkulihannya :)

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.