Blogger Widgets

Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai anggota warga negara sejak masih berada dalam kandungan . Hak pada umumnya didapat dengan cara diperjuangkan melalui pertanggungjawaban atas kewajiban.
Kewajiban adalah segala sesuatu yang dianggap sebagai suatu keharusan / kewajiban untuk dilaksanakan oleh individu sebagai anggota warga negara guna mendapatkan hak yang pantas untuk didapat . Kewajiban pada umumnya mengarah pada suatu keharusan / kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota warga negara guna mendapat pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan kewajiban tersebut.
Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain , sehingga dalam praktik harus dijalankan dengan seimbang. Jika hak dan kewajiban tidak berjalan secara imbang dalam praktik kehidupan , maka akan terjadi suatu ketimpangan dalam pelaksanaan kehidupan individu baik dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa , maupun bernegara.
Ketimpangan akan hak dan kewajiban yang terjadi akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan baik dari kalangan individu maupun kelompok . Gejolak tersebut merupakan bentuk ketidakpuasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang . Oleh sebab itu , untuk menghindari adanya gejolak pada masyarakat mengenai ketimpangan akan hak dan kewajiban tersebut diperlukan kesadaran secara mendasar pada individu akan kewajiban yang harus dipenuhi guna mendapatkan hak yang pantas dan sesuai atas pelaksanaan kewajiban tersebut.

Suatu kebiasaan yang tidak baik ialah apabila kita terlalu menuntut hak kita, tetapi kurang setia kepada kewajiban yang harus kita lakukan. Misalnya, di dalam pergaulan sehari-hari, kita menginginkan penghormatan dari orang lain. Kita ingin diperlakukan baik-baik oleh orang lain. Akan tetapi, kita lupa, bahkan lalai, bahwa kita pun harus menghormati dan memperlakukan orang lain sebaik-baiknya. Harus kita jaga bahwa keduanya harus sebanding dan seimbang. Dalam melaksanakan atau mewujudkan kehidupan yang serasi, lebih baik kalau kita bersama-sama melaksanakan kewajiban itu. Jika semua sudah melaksanakan kewajiban masing-masing, tentu hak kita akan terwujud. Misalnya, setiap orang melaksanakan kewajiban menghormati orang lain, dengan sendirinya kita masing-masing akan menerima hak kita, yaitu mendapatkan penghormatan.
Dalam lingkungan yang demikian, kehidupan menjadi serasi, teratur, dan menyenangkan. Sebaliknya, jika kita masing-masing hanya menuntut hak penghormatan dari orang lain, keadaannya akan menjadi lain. Kehidupan akan berubah dan suasana menjadi tegang. Yang terjadi ialah tuntut-menuntut, lalu berubah menjadi tuduh-menuduh. Padahal orang itu tidak suka dituntut dan tidak senang dituduh. Jika kewajiban terlupakan, kehidupan menjadi tidak serasi, tidak tenang dan tidak tentram.
    Hak ini ada yang sifatnya perseorangan, ada pula yang sifatnya bersama. Yang sifatnya perseorang itu disebut hak pribadi atau hak individu dan yang disebut bersama adalah hak bersama.
    Dari bermacam-macam hak itu, ada hak yang dibawa bersama sejak kita lahir, yaitu hak yang diberikan kepada kita dari Tuhan Yang Maha Esa. Hak itu disebut hak asasi. Hak asasi ini, misalnya, hak hidup merdeka atau hak hidup bebas. Di samping hak asasi, kita juga mempunyai kewajiban asasi, yaitu kewajiban yang diterima sejak kita lahir. Jika kita berhak memperoleh penghormatan dari orang lain, kita juga berkewajiban menghormati orang lain. Jika kita memperoleh hak hidup medeka, kita berkewajiban menjaga kemerdekaan itu agar kita jangan sampai mengganggu kemerdekaan orang lain.
Untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban, yaitu dengan cara mengetahui posisi diri kita sendiri. Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Seorang pejabat atau pemerintah pun harus tahu akan hak dan kewajibannya. Seperti yang sudah tercantum dalam hukum dan aturan-aturan yang berlaku. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan aman sejahtera. Hak dan kewajiban di Indonesia ini tidak akan pernah seimbang. Apabila masyarakat tidak bergerak untuk merubahnya. Karena para pejabat tidak akan pernah merubahnya, walaupun rakyat banyak menderita karena hal ini. Mereka lebih memikirkan bagaimana mendapatkan materi daripada memikirkan rakyat, sampai saat ini masih banyak rakyat yang belum mendapatkan haknya. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang berdemokrasi harus bangun dari mimpi kita yang buruk ini dan merubahnya untuk mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.

Sebenarnya warga Negara Indonesia masih banyak yang belum benar-benar memahami apa sebenarnya hak dan kewajiban kita sebagai warga Negara yang baik yang berada dalam lingkup peraturan mutlak yang disebutkan dalam UUD 1945. Kita hanya mengetahui tanpa memahami hak dengan mengimbanginya dengan kewajiban. Terkadang kita hanya mementingkan hak-hak kita semata yang harus kita dapatkan tanpa melaksanakan kewajiban yang semestinya sebagai warga Negara. Bahkan hanya untuk menghargai hak orang lain pun kita masih tidak dapat melakukannya. Berada di Negara yang bersifat demokratis seperti Indonesia yang bebas mengeluarkan pendapat yang memiliki nilai toleransi tinggi kita perlu memahami bahwa kesejahteraan bersama sangatlah perlu diciptakan di tengah Negara yang memiliki banyak perbedaan seperti ini. Masih banyak sekali yang harus diperbaiki dari semua bidang pemerintahan Negara Indonesia. Karena semakin merajalelanya ketidakadilan yang menimbulkan kesengsaraan rakyat. Para pejabat tinggi yang memiliki kekuasaan yang hanya mementingkan hak-haknya saja tanpa melaksanakan kewajibannya dengan baik. Banyak yang telah merasa bahwa kita telah melakukan kewajiban dan bukan hanya sekedar mengerjakan namun bagaimana hasil dari apa yang kita kerjaan benar-benar memberikan perubahan terhadap kemajuan Negara dengan baik padahal kenyataannya kita hanya melakukan kewajiban seadanya. Akhirnya  menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan terhadap hak dan kewajiban dari masing-masing warga Negara.

0 komentar:

Posting Komentar

animasi bergerak gif

About this blog

Hanya blog iseng buatan mahasiswa Gunadarma untuk kelancaran perkulihannya :)

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.