Budaya Kerja di
Perusahaan/Organisasi
BNI (Bank Negara Indonesia)
Sejarah BNI
Berdiri sejak 1946, BNI yang dahulu
dikenal sebagai Bank Negara Indonesia, merupakan bank pertama yang didirikan
dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.
Bank Negara Indonesia mulai
mengedarkan alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah
Indonesia, yakni ORI atau Oeang Republik Indonesia, pada malam menjelang
tanggal 30 Oktober 1946, hanya beberapa bulan sejak pembentukannya. Hingga
kini, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional, sementara
hari pendiriannya yang jatuh pada tanggal 5 Juli ditetapkan sebagai Hari Bank
Nasional.
Menyusul penunjukan De Javsche Bank
yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai Bank Sentral pada tahun
1949, Pemerintah membatasi peranan Bank Negara Indonesia sebagai bank sirkulasi
atau bank sentral. Bank Negara Indonesia lalu ditetapkan sebagai bank
pembangunan, dan kemudian diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa,
dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri.
Sehubungan dengan penambahan modal
pada tahun 1955, status Bank Negara Indonesia diubah menjadi bank komersial
milik pemerintah. Perubahan ini melandasi pelayanan yang lebih baik dan tuas
bagi sektor usaha nasional.
Sejalan dengan keputusan penggunaan
tahun pendirian sebagai bagian dari identitas perusahaan, nama Bank Negara
Indonesia 1946 resmi digunakan mulai akhir tahun 1968. Perubahan ini menjadikan
Bank Negara Indonesia lebih dikenal sebagai 'BNI 46'. Penggunaan nama panggilan
yang lebih mudah diingat - 'Bank BNI' - ditetapkan bersamaan dengan perubahaan
identitas perusahaan tahun 1988.
Tahun 1992, status hukum dan nama BNI
berubah menjadi PT Bank Negara Indonesia (Persero), sementara keputusan untuk
menjadi perusahaan publik diwujudkan melalui penawaran saham perdana di pasar
modal pada tahun 1996.
Kemampuan BNI untuk beradaptasi
terhadap perubahan dan kemajuan lingkungan, sosial-budaya serta teknologi
dicerminkan melalui penyempurnaan identitas perusahaan yang berkelanjutan dari
masa ke masa. Hal ini juga menegaskan dedikasi dan komitmen BNI terhadap
perbaikan kualitas kinerja secara terus-menerus.
Pada tahun 2004, identitas perusahaan
yang diperbaharui mulai digunakan untuk menggambarkan prospek masa depan yang
lebih baik, setelah keberhasilan mengarungi masa-masa yang sulit. Sebutan 'Bank
BNI' dipersingkat menjadi 'BNI', sedangkan tahun pendirian - '46' - digunakan
dalam logo perusahaan untuk meneguhkan kebanggaan sebagai bank nasional pertama
yang lahir pada era Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pada akhir tahun 2012, Pemerintah Republik Indonesia memegang
60% saham BNI, sementara sisanya 40% dimiliki oleh pemegang saham publik baik
individu maupun institusi, domestik dan asing.
Saat ini, BNI adalah bank terbesar ke-4 di Indonesia
berdasarkan total aset, total kredit maupun total dana pihak ketiga. BNI
menawarkan layanan jasa keuangan terpadu kepada nasabah, didukung oleh
perusahaan anak: Bank BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Securities dan BNI
Life Insurance.
Pada akhir tahun 2012, BNI memiliki total asset sebesar
Rp333,3 triliun dan mempekerjakan lebih dari 24.861 karyawan. Untuk melayani
nasabahnya, BNI mengoperasikan jaringan layanan yang luas mencakup 1.585 outlet
domestik dan 5 cabang luar negeri di New York, London, Tokyo, Hong Kong dan
Singapura, 8.227 unit ATM milik sendiri, 42.000 EDC serta fasilitas Internet
banking dan SMS banking. BNI selalu berusaha untuk menjadi bank pilihan yang
menyediakan layanan prima dan solusi bernilai tambah kepada seluruh nasabah.
Berangkat dari semangat perjuangan
yang berakar pada sejarahnya, BNI bertekad untuk memberikan pelayanan yang
terbaik bagi negeri, serta senantiasa menjadi kebanggaan negara.
Visi
Menjadi bank yang
unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja.
Misi
·
Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai
tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
·
Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi
investor.
·
Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan
untuk berkarya dan berprestasi.
·
Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap
lingkungan dan sosial.
·
Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola
perusahaan yang baik.
Action
BNI
sering mengadakan event-event promo kepada masyarakat. Seperti salah satunya
adalah Debat Mahasiwa yang khusus diadakan untuk mahasiswa aktif segala jurusan
program D3 & S1. BNI juga membuat lomba menulis untuk anak. Selain
mengadakan lomba dan promo lainnya BNI juga mempunyai fitur-fitur unggulan
seperti BNI e-Banking Vaganza, BNI SMS Banking Experience, Transaksi di
Jaringan ATM Prima, Chelsea Corner, dan lain-lain.
Budaya Perusahaan
Budaya Kerja BNI”PRINSIP 46”merupakan Tuntunan
Perilaku Insan BNI, terdiri dari :
4 (Empat) Nilai Budaya Kerja
· PROFESIONALISME
· INTEGRITAS
· ORIENTASI
PELANGGAN
· PERBAIKAN
TIADA HENTI
6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI
· Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
· Jujur, Tulus dan Ikhlas
· Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
· Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
· Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
· Kreatif dan Inovatif
0 komentar:
Posting Komentar